Destinasi

Cara elegan buka bisnis modal cekak tapi membanggakan

Tiga kali mengikuti pameran laptop dengan tanpa modal bisa dibilang sukses walau harus sedikit mengencangkan ikat pinggang. Tapi setidaknya di kantong ada sisa uang 5 juta. 

Dengan sedikit keberanian dan tekad penuh mencoba tanya-tanya ke sales stand toko di Dieng plasa. Kira-kira saya mampu ga sewa stand permanen dalam mall.

Sebelumnya saya pernah mempunyai impian untuk membuka toko komputer minimal di pinggir jalan kabupaten saja. Tapi mundur teratur karena ga ada uang buat sewa toko yang saat itu 10 juta. 

Lha wong saya bukan anak konglomerat dan bukan juga anak juragan tanah. Akhirnya impian punya toko kandas diterpa angin kehidupan. 

Kamu (K) : Mulai sok puitis lagi. Langsung tak tek tak tek aja ceritanya....

Ah kamu menghilangkan mood romantis saya. 
Oke oke, kita lanjut. Walaupun impian punya toko komputer hanyut karena modal cekak. 

Tapi, rasanya Tuhan ga terima kalau saya buka toko ecek-ecek di pinggir jalan. Seolah-olah Tuhan mau bilang ke saya "kamu pantasnya buka toko di Mall, jangan dipinggir jalan."

toko laptop AFICOM di Plasa Dieng tahun 2012
Perjalanan cerita itu berlanjut sampai saya mengikuti pameran laptop di Plasa Dieng. Setelah tanya sana sini, ternyata buka toko komputer di mall jauh lebih murah dibanding buka toko komputer di pinggir jalan. 

Akhirnya saya bisa buka toko laptop dengan kondisi toko mentereng penuh sinar lampu. Hebat banget deh pokoknya. Impian cah ndeso terwujud juga

K : Lho lho... kok tiba-tiba kamu bilang sudah di akhirnya. Gimana caranya kok bisa seperti itu? Kan uang kamu cuma 5juta saja. Buat buka toko di pinggir jalan juga kurang lha wong kontrakannya saja 10juta. 

He he he he... Kali ini kamu sedikit jeli juga dengan cerita saya. Sebentar saya minum es jus dulu..

Tadi kan saya sempat tanya-tanya untuk mengukur seberapa kuat saya buka stand tetap di mall. Ternyata sewa stand di mall itu ga seribet dan semahal yang saya bayangkan. 

Saat itu saya dapat harga stand di plasa Dieng cuma 3juta per bulan. 

Jadi tanpa pikir panjang saya ambil aja langsung. Di kantong sisa uang 2 juta yang bisa saya belikan rak dan meja harga murah. Yang penting ada dan jalan dulu bisnisnya.

K : Barang dagangan pinjam semua..??

Hahahahahaha... kamu mulai pinter deh

K : Emang dari kemaren cerita kamu ga modal blas kan? 

Betul betul... pada dasarnya emang calon pengusaha kere. Jadi ya sekali lagi minjem barang dagangan. 

Kebetulan emang supplier ada di mall yang sama. Jadi seluruh display saya pinjam semua. Baik itu laptop, maupun seluruh aksesorisnya. 

Dengan catatan untuk laptop langsung setoran begitu laku. Sedang aksesoris kecil-kecil lainnya saya adakan stok opname setiap minggu sekali. Jadi saya cuma bayar yang laku saja.

K : Bentar bentar... Kan kamu bilang tadi sewanya 3juta per bulan. Kalo setahun kan jadi 36juta. Jauh lebih mahal dari sewa tempat dipinggir jalan yang katamu cuma 10juta.

Yups sangat betul sekali. Tapi kan pembayaran dicicil setiap bulan. Lebih bisa dijangkau otak saya yang cupet ini cari uangnya dari mana. 

Sementara bulan pertama sudah saya lunasi, Tinggal cari uang lagi buat bulan berikutnya. Kan lahan bisnis dan jalan dapat uang udah kebuka lebar tuh. So... ga usah mikir terlalu jauh bagaimana nantinya. yang penting gaji karyawan terpenuhi, uang buat sewa stand dapet. 

Plus mengenalkan bisnis kita biar orang lain tau dan jadi langganan tetap kita.

K : Terus biar bisnis lancar itu gimana sih caranya..??

Ah pikiran kamu terlalu jauh. Pendek-pendek aja dulu biar enak

K : Lalu saya harus tanya apa..??

Ya tanya apa kek. Seperti kapan kamu bisa mulai buka bisnis...

K : Nhaaaaa  ini nih. Kapan saya bisa mulai buka bisnis...??

Sekarang pun boleh. Cepat ambil apapun barang yang ada di rumah kamu. Terus gelar karpet di pinggir jalan. Dagangin deh barang-barang kamu di pinggir jalan. Itupun juga bisa disebut bisnis.

K : Ah becanda kamu... Maksud saya yang serius gimana..?

Ntar saya ceritain lagi pengalaman saya waktu awal berbisnis. Biar kamu paham dan bisa niruin apa yang pernah saya lakukan dulu. Oke... sekarang ngopi aja biar otak kamu ga sepanneng dengerin cerita saya.