Destinasi

Seputar Karakter Hello Kitty

Hello Kitty atau dalam pengucapan bahasa Jepang disebut Harokiti adalah karakter yang terkenal dengan bentuk kucing berkepala besar, tanpa mulut, serta memiliki mata dan hidung kecil, memiliki pita merah muda di kepalanya dan memiliki kesan imut. Hello Kitty merupakan karakter fiksi yang didesain dan dikembangkan oleh perusahaan Sanrio dari Jepang. Karakter ini pertama kali diciptakan oleh Shimizu Ikuko yang merupakan perancang dari perusahaan Sanrio pada tahun 1974 sekaligus tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Pada Maret 1975 barang-barang Hello Kitty mulai dijual pertama kalinya berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse seharga 240 Yen. Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan telah menjadi merek dagang seluruh dunia saat ini dengan penggemar dari seluruh kalangan baik wanita ataupun pria dari segala usia.

Dari tahun 1974 hingga tahun 1975 karakter dalam barang Hello Kitty belum memiliki nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan barang pertamanya hanya tertulis kata "Hello!" tanpa Kitty. Awalnya karakter ini hanya dikenal sebagai "Kitty White" oleh orang Jepang sebagai "kucing putih tak bernama" hingga pihak perusahaan memberi tambahan nama "Kitty" yang berasal dari nama kucing berbulu putih yang tampil di acara Alice di Negeri Kaca oleh Lewis Carroll. Di kemudian hari Kitty White diberi nama keluarga "White". Pada produk-produk awal Kitty selalu digambarkan sedang duduk hingga pada tahun 1977 Kitty mulai digambarkan dengan posisi berdiri. 

Pada tahun 1996, Hello Kitty makin populer di kalangan kalangan remaja putri tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah lanjutan berkat Kahara Tahomi, seorang penyanyi Jepang terkenal saat itu yang mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty pada salah satu acara televisi. Di Amerika sendiri, Hello Kitty mulai terkenal pada tahun 1990-an berkat beberapa selebritis terkenal seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busananya. Dan beberapa artis lainnya seperti Paris Hilton, Ricky Martin, Mandy Moore, Cameron Diaz pernah menggunakan barang Hello Kitty, Karakter Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan di pasar swalayan. Hello Kitty pertama kali menjabat sebagai duta UNICEF pada tahun 1983 (UNICEF  America Junior Ambassador) dan kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994. Terakhir, Hello Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF pada tahun 2004.

Mulut Hello Kitty sengaja tidak digambar agar orang yang melihatnya dapat menentukan sendiri letak mulutnya. Konon karakter Hello Kitty dibuat perusahaan Sanrio untuk menyaingi karakter Snoopy yang lebih dulu terkenal di Jepang. Karakter kucing sengaja dipilih yang bersaingan dengan karakter anjing. Ia memiliki sebuah keluarga lengkap dengan ayah bernama George White, ibu bernama Mary White, kakek-nenek bernama Anthony & Margareth White, saudari kembar bernama Mimmy White dan seekor kucing peliharaan bernama Charmmy White.