Destinasi

Bayi Laki-Laki Lebih Menyukai Boneka

Mainan boneka sudah menjadi identik dengan anak perempuan, sebaliknya robot dan mobil-mobilan mainan anak laki-laki. Jika seorang anak laki-laki suka bermain boneka otomatis akan menjadi bahan tertawaan teman sebayanya. Tetapi dalam sebuah studi penelitian diungkapkan bahwa ternyata mayoritas bayi laki-laki lebih memilih mainan boneka. 

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Western Sidney di Australia melibatkan 48 bayi yang berusia 4-5 bulan. Ketika bayi diminta untuk memilih antara mainan boneka dan truk, ternyata mereka lebih menyukai bermain dengan boneka. Belakangan diketahui bahwa anak laki-laki lebih menyukai bermain boneka karena mereka lebih tertarik pada objek yang memiliki wajah dibandingkan mesin. 

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Child Psycology ini para bayi tersebut diberikan gambar boneka, mobil-mobilan, kompor, serta gambar manusia laki-laki dan perempuan. Diteliti berapa lama para bayi tersebut memandang gambar yang menunjukkan pilihan para bayi. Pemimpin penelitian, Dr. Paola Escudero berkata bahwa selama ini orangtua memberikan boneka hanya kepada anak perempuan dan mobil-mobilan kepada anak laki-laki, tetapi hasil studi terhadap para bayi ini mengejutkan karena bayi laki-laki lebih suka boneka.  

Hasil studi yang dilakukan Escudero memberikan bukti bahwa bayi laki-laki memiliki kaitan alami dengan boneka.Dua tahun lalu, sebuah studi dilakukan tim dari Universitas Harvard menyimpulkan bahwa alasan anak perempuan suka bermain boneka karena mereka memang secara biologi terprogram untuk hal tersebut.