Destinasi

Boneka Sebagai Mainan Edukasi

Usaha mainan anak terutama pembuatan boneka sudah banyak dilakoni para wirausahaan. Di berbagai toko online, anda bisa menemukan banyak jenis boneka buatan yang dijual dengan aneka ragam rupa dan bentuk serta ukuran. Salah satunya ide kreatif adalah mainan edukasi boneka.

Boneka edukasi dengan berbagai karakter yang dikenal di kalangan anak-anak dapat digunakan untuk bermain, bercerita, menyampaikan sebuah pesan moral dan pengetahuan baru sekaligus melatih imajinasi anak. Biasanya kita melihat berbagai macam karakter boneka edukasi dengan bentuk menyerupai hewan seperti beruang, kelinci, panda, atau karakter kartun bahkan karakter yang bernuansa Indonesia seperti gatot kaca. 

Boneka ini bisa digunakan sebagai properti untuk bercerita sambil menambah wawasan anak tentang segala hal yang berkaitan dengan Indonesia, sehingga bisa menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak sejak dini dan dapat mengenal dan mencintai negaranya sendiri. Ide-ide boneka edukasi dengan ciri khas Indonesia seperti boneka profesi seperti petani, guru, dokter, polisi. Boneka dengan bentuk hewan khas Indonesia seperti orang utan, cendrawasih, harimau, gajah, badak dan lain-lain. Boneka yang memakai baju khas adat tiap propinsi. Boneka anak laki-laki dan perempuan yang memakai seragam sekolah. Boneka yang memakai baju kaos timnas olahraga dengan nama-nama pemain di punggung boneka.

Apabila anda ingin membuat boneka edukasi, bahan dan alatnya mudah didapatkan. Hanya modal kain flanel atau kain perca, kapuk sebagai isian, alat jahit, ide model boneka bisa dicari di internet.