Destinasi

Isi Sarung Bantal Dengan Daun Ini Sebelum Tidur

Anda pasti tahu tumbuhan pakis. Pakis adalah nama lain dari tumbuhan paku, tumbuhan berpembuluh yang memperbanyak diri dengan spora. Tanaman pakis tumbuh di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Saat musim mekarnya, pakis akan mengeluarkan tunas daun muda yang masih kuncup. Daun pakis muda inilah yang dimanfaatkan sebagai sayuran.

Tetapi tahukah anda bahwa ternyata daun pakis menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, baik digunakan dengan cara dikonsumsi dalam bentuk masakan sayur maupun digunakan sebagai obat luar. Karena pakis memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. 

Untuk menjadikan pakis sebagai obat luar, ambil beberapa helai daun pakis yang agak tua dan keringkan dengan cara dijemur. Pada malam hari sebelum tidur, masukkan daun pakis kering tersebut kedalam sarung bantal atau di bawah kain seprei. Gunakan bantal tersebut untuk tidur dengan bantal yang berisi daun pakis berada di bagian atas dan menempel ke kepala.

Beberapa manfaat dan efek yang dapat dirasakan setelah memakai bantal berisi daun pakis:

  1. Menghilangkan pegal dan membuat otot lebih rileks. Rasa sakit dan pegal yang diderita pada bagian leher dan otot punggung dan otot betis akan hilang lebih cepat tanpa pemijatan. Dan akan merasakan efek segar setelah bangun tidur. Daun pakis kering juga dapat diselipkan kedalam sepatu untuk mengurangi kelelahan pada kaki.
  2. Menyembuhkan sakit kepala dan sakit gigi. Sakit kepala yang diderita akan sembuh bahkan hilang ketika bangun tidur. Bagi penderita sakit gigi, tidurlah dengan posisi pipi pada bagian gigi yang sakit menempel pada bantal. Efek akan terasa jika daun pakis kering ditempel langsung ke pipi dengan durasi tidur minimal 4 jam. 
  3. Menghilangkan tungau dan kutu. Kutu kasur adalah serangga dengan ukuran sangat kecil yang suka menggigit kulit bahkan menghisap darah manusia, mereka biasanya bersembunyi di sela-sela kasur atau bantal. Jika tergigit makan kulit akan bentol dan gatal disertai sensasi panas yang membuat tidak nyaman. Dengan menyelipkan daun pakis di sarung bantal dan seprei, kutu dan tungau akan keluar dari tempat persembunyiannya dan menghindari bantal dan seprei anda.