Destinasi

Mini-Me Doll

Mini-me doll yang berarti boneka diri sendiri adalah boneka mini yang menyerupai pemiliknya, baik bentuk wajah dan gestur tubuh walaupun tidak mirip 100% tetapi boneka ini masih bisa menggambarkan fisik pemiliknya versi mini. Di Amerika biasanya disebut boneka american girl. Gadis kecil hingga remaja mulai memiliki boneka versi mini mereka sebagai kegemaran baru. Bahkan seorang fotografer ternama, Ilona Scwarz berkeliling Amerika dan ke negara bagiannya untuk memotret ratusan gadis bersama American Girl mereka. 

Boneka American Girl mulai dibuat pada tahun 1986 mirip dengan penampilan pemesannya, dan lebih realistis jika dibandingkan dengan boneka barbie yang hanya "monoton" dengan lekukan tubuh sempurna dan wajah cantik eksotis serta rambut pirang keemasan. Boneka mini-me tampak seperti anak-anak dan remaja yang sedikit gemuk, tidak dewasa dan lebih realistis. Tetapi tren boneka ini tidak berlaku pada remaja yang beranjak dewasa di negara benua Eropa, hal ini dipandang memalukan jika masih bermain boneka pada orang seusia itu dan dianggap masih berperilaku bayi. 

Saat ini boneka mini-me sudah dibuat lebih kreatif dan biasanya dijadikan sebagai suvenir dan hadiah pada sebuah event penting. Sesuai dengan profesi, gaya busana, sampai ada yang berpasangan. Pada saat acara wisuda, pakaian boneka dibuat mirip dengan orang yang sedang ikut wisuda.