Destinasi

7 Tips Membeli Souvenir Saat Jalan-Jalan

Bagai agenda wajib,membeli souvenir jadi kegiatan yang tidak bisa diabaikan begitu saja ketika jalan-jalan di suatu tempat wisata. Sayangnya, souvenir yang dibeli terkadang cacat bahkan bukan asli buatan daerah tersebut. Agar tidak kecewa ikuti 7 tips dibawah ini.

  1. Cari tahu kawasan belanja di daerah tersebut. Kawasan perbelanjaan di suatu destinasi kadang bukan cuma satu tempat saja, tapi bisa terbagi di beberapa lokasi. Untuk mendapatkan souvenir dengan variasi yang lebih banyak dan harga miring, tidak ada salahnya jika anda mencari tahu kawasan-kawasan belanja yang ada di daerah wisata tersebut.
  2. Mampirlah ke banyak toko. Jangan mudah percaya pada satu toko yang anda kunjungi. Biasanya sebuah toko akan mengatakan barang yang dijual di tempatnya adalah yang paling murah. Sebaiknya anda juga masuk ke toko lain atau bahkan kawasan belanja lain untuk mendapat perbandingan harga dan barang dari toko sebelumnya. 
  3. Beli barang khas daerah tersebut. Selain menjadi buah tangan, souvenir juga dapat dibeli sebagai kenangan dan sebagai tanda telah menjejakkan kaki di daerah tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli sebaiknya anda mencari tahu lebih dahulu apa souvenir khas dari daerah tersebut.
  4. Teliti sebelum membeli. Telitilah sebelum membeli, perhatikan tempat pembuatan souvenir tersebut. Terkadang sebuah cinderamata suatu daerah justru dibuat di daerah lain, bahkan dari negara lain. Ini tentu mengurangi makna souvenir tersebut yang niat awalnya sebagai kenang-kenangan dari destinasi tersebut. Oleh karena itu pastikan barang tersebut dibuat di daerah tersebut. Biasanya toko tradisional lebih otentik daripada toko oleh-oleh. 
  5. Tentukan budget. Saat membeli souvenir terkadang seorang turis tidak memperhitungkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Semua barang yang dianggap menarik bisa saja dibeli. Begitu sudah sampai di penginapan barulah sadar bahwa uangnya habis hanya untuk membeli souvenir yang belum tentu sesuai keinginan. Maka dari itu perhitungkan secara matang biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli souvenir. Jangan sampai anda kehabisan uang untuk membeli tiket pulang.
  6. Perhatikan kualitas barang. Saat membeli souvenir, jangan lupa untuk mencari tahu kualitas barang yang diinginkan. Biasanya barang dengan kualitas baik tidak mudah rusak. Jangan sungkan untuk bertanya ke penjual tentang memilih barang dengan kualitas baik. Perhatikan kecacatan barang dan beli barang yang sempurna tanpa memiliki cacat sedikitpun.
  7. Untuk makanan, perhatikan tanggal kadaluarsa. Buah tangan tidak mutlak berupa barang pajangan, bisa juga dalam bentuk makanan khas. Khusus oleh-oleh seperti ini anda harus memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Makanan yang melewati proses fermentasi lebih memiliki masa yang lebih panjang.