Destinasi

Posisi Bantal yang Benar Saat Tidur

Posisi yang tepat sangat diperlukan untuk mendapatkan kenyamanan selama tidur. Untuk menambah kenyamanan, posisi bantal ternyata ikut berpengaruh. Berikut ini beberapa tips meletakkan bantal sesuai dengan posisi tidur. 
  • Ketika tidur menyamping, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, maka tambahkan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang.
  • Untuk posisi tidur terlentang, pertahankan kontur normal tulang belakang dan buat lutut lebih nyaman dengan cara menaruh bantal di kepala dan di bawah lutut. Tambahkan juga gulungan handuk pada punggung bagian bawah jika perlu.
  • Apabila tidur telungkup, taruh bantal di bawah panggul dan bila perlu tambahkan gulungan handuk di pergelangan kaki atau dekat mata kaki. Metode ini sangat baik untuk meredam rasa sakit bagi orang yang mengalami pembengkakan pada bantalan tulang belakang. Hindari menyangga kepala dengan bantal, karena kondisi ini akan membuat tulang belakang menjadi tegang.
  • Jika posisi tidur berubah-ubah, tingkatkan kesehatan kontur tulang belakang secara optimal dengan cara memperbaiki posisi bantal yang disesuaikan dengan posisi awal tidur setiap kali kita terjaga. 
Ketika tidur, cukup menggunakan satu buah bantal saja untuk menyangga kepala dan leher. Agar posisi pundak dan kepala seimbang dan peredaran darah ke kepala tetap lancar.