Destinasi

Memilih Souvenir Pernikahan

Mungkin tak sedikit yang mengalami bahwa souvenir pernikaha yang telah diberikan berujung di tong sampah atau bahkan entah berada dimana. Hal ini wajar karena banyak dari pesta pernikahan yang kurang memikirkan manfaat dari souvenir yang mereka pilih. Kebanyakan mereka memilih souvenir yang murah agar bisa menekan anggaran atau budget pernikahan mereka, atau bahkan memilih souvenir yang mahal namun tidak memiliki nilai manfaatnya. Yang perlu digaris bawahi disini adalah yang murah bukan berarti selalu murahan dan tidak memiliki manfaat, dengan sedikit imajinasi kita bisa mengemas ide-ide kreatif dalam membuat souvenir pernikahan yang memiliki nilai manfaat.

Tentunya kita tidak ingin bukan apa yang selama ini kita upayakan misalnya dalam pemilihan souvenir dengan biaya yang tidak sedikit juda dengan waktu yang lama, namun akhirnya tetap juga berujung ke tong sampah. Idealnua souvenir yang kita berikan memiliki keunikan sehingga dapat mereka simpan atau dipajang, lebih baik lagi jika dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Untuk itu perlu beberapa tips dan persiapan yang matang agar souvenir pernikahan punya nilai tersendiri di mata tamu undangan dan tidak menjadi mubadzir. Ada beberapa tips memilih souvenir pernikahan. 
  • Pilihlah souvenir yang memiliki kegunaan, agar souvenir tidak mubadzir. Idealnya kita memberikan sesuatu yang suatu hari dapat digunakan bukan sekedar menjadi pajangan, seperti notepad, bros jilbab yang cantik.
  • Jika anda tidak memiliki budget berlebih, langkah yang harus dilakukan adalah memilih souvenir pernikahan yang murah tapi tidak murahan. Dalam arti sederhana namun tetap memiliki esensi nilai manfaat, misalnya kipas, gelas kecil dll. 
  • Tak dapat dipungkiti dalam perhelatan pernikahan, kita akan melibatkan para tamu undangan yang datang dari beragam keyakinan. Ada baiknya kita memilih souvenir yang bersifat universal yang bisa diterima semua kalangan tanpa menyinggung salah satu keyakinan. Jadi pilihlah souvenir yang general/umum.
  • Anda bisa mengkonsultasikan ide-ide brilian anda dengan pengrajin souvenir untuk dapat membuat souvenir yang beda dari yang lain. Gunakan kreativitas dan imajinasi anda. Memang souvenir pernikahan bentuknya relatif lebih kecil namun memiliki makna sebagai kenang-kenangan. Buatlah tamu undangan anda menjadi terkesan dengan kemasan souvenir yang unik dan menarik.